Skip to main content

Wifi Id Sekarang Menggunakan FUP (Fair Usage Policy) gak unlimited lagi.


Wifi ID sekarang kena FUP, apa itu FUP, FUP adalah Fair Usage Policy atau yang lebih kita kenal dengan batas pemakaian wajar, Sebagai contoh bila kita membeli paket Internet unlimited dengan FUP 10GB, maka setelah kita menggunakan internet melewati 10 gb maka kecepatan internet kita akan turun sesuai kecepatan yang di batasi oleh pihak provider.
 Sekarang kita langsung saja masuk ke inti permasalahan benarkah wifi id kena FUP?
Pada tgl 10 Juni 2020 saya membeli paket wifi id 50ribu selama 1/bulan, karena paket wifi id bulan seblumnya saya beli pada tgl 11 Mei 2020 sudah habis atau kadaluararsa.
lalu pada tanggal 24 Juni internet saya drop menjadi  kurang dari 1Mbps dari biasanya di atas 30Mbps, yang menyebabkan untuk buka google saja lambat apalagi buka youtube untuk resolusi 144 juga sering buffering, disini saya belum mengetahui bahwa wifi id menerapkan skema FUP, lantas sayapun langsung cek akses poin, kabel lan, dan router saya takutnya ada kerusakan, al hasil semuanya normal tidak ada peralatan saya yang rusak.
  Disini saya mulai curiga bahwa wifi id menerapkan skema FUP karena sebelumnya FUP untuk pengguna Indihome pun banyak yang complain karena dikurangi, namun setelah saya google tidak ada satupun artikel yang kongkrit bahwa wifi id menerapkan skema FUP pada wifi id, hingga akhirnya saya anggap paket saya eror walapun tidak mungkin paket wifi id eror saya masih berfikir positif dan saya coba beli paket wifi id lagi pada tgl 24 Juni 2020, dan kecepatan Internet sayapun kembali normal di atas 30Mbps.
   Dan ditanggal 4 Juli 2020 kecepatan internet saya mengalami drop kembali disni saya merasa sangat kesal dan mencoba searching kembali apakah benar wifi id menerapkan skema FUP, berulang kali saya mencari tidak ada satupun saya menemukan hal yang secara pesifik bahwa wifi id menerapkan skema FUP, yang mendekati bahwa wifi id menerapkan skema FUP saat saya melihat di channel youtube Neo ardien yang membahas benarkah wifi id menerapkan skema FUP?.
Karena masih belum spesifik bahwa wifi id menerapkan skema FUP akhirnya saya ingat teman saya seorang teknisi wifi id Purwakarta Bapak Nizar, Singkat cerita saya telpon dan ternyata bapak Nizar mengiyakan bahwa wifi id menerapkan skema FUP, lalu saya tanyakan berapa FUP untuk paket wifi id 1/bulan, 1/Minggu, dan 1/hari, pak Nizar menjawab untuk 1/bulan 150gb dan untuk 1/Minggu 50gb, dan penerapan FUP pada bulan Juni namun beliau lupa lagi pada tanggal berapa diterapkannya.
Sekarang Fix wifi id menerapkan skema FUP,
Untuk memastikan lebih jelas saya melakukan panggilan 147 dan saya tersambung dengan customer service yang bernama Mba Dita beliau menjelaskan dengan lebih detail bahwa tgl 19 Mei 2020 dimulainya penerapan FUP untuk paket wifi id 50k/Bulan dan 20k/Minggu, walau saya yakin untuk zona A dimulai pada 19 Juni 2020 seperti yang di infokan Pak Nizar, dan zona B dan C pada 19 Mei 2020, untuk wifi id paket 5k/hari mulai dikenakan pada tanggal 22 Juni 2020
beberapa hal yang membuat saya kesal.

  1. Tidak ada Informasi sebelumnya bahkan sampai video ini dibuat wifi id tidak mengumumkan secara resmi.
  2. FUP yang hanya 150gb/bulan itu sedikit sekali.
  3. Ketika mencapai FUP kecepatan dibatasi menjadi 512kb itu sangat lambat sekali. 
Mungkin saya dan para pengguna wifi id berharap pihak Telkom mengkaji kembali kebijakannya.

Semoga bermanfaat.

Comments

  1. Fup yg 1 hari 5000 rupiah berapa mas? Pantesan kok koneksi di wico kecepatan turun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekitar 15 gb kalo tidak salah

      Delete
    2. Tadi pagi aku nyoba, sekitar 20 GB

      Delete
    3. Ralat reply di atas, ternyata voucher 3 hari seharga 10.000 rupiah dapat 20 GB, bukan yang 5000 rupiah

      Delete
  2. untuk yang seminggu itu emang 50gb seminggu apa sehari dibagi lagi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemarin saya coba ga dibagi. Hari pertama saya pakai 25gb, hari kedua habiskan sisanya

      Delete
  3. Wifi id dah ga kayak dulu lagi, gw pakai yg 5000/ hari untuk download dota 2 cuma 12 gb langsung slow connection. Gw coba ke wifi corner lain sama aja slow.Gw coba thethring pakai hp bisa lancar. Habis itu gw connect ke wifi id slow lagi.
    Akhirnya gw coba beli voucher lagi bisa connect lancar(dota 2 nya download lagi dari 4gb pftt). Gw ga tau itu ada fupnya atau ga, yg jelas setelah ganti voucher langsung bisa connect lancar lagi.
    Btw thx infonya gan, gw kira wiconya yg lemot sampai muter muter cari wico lain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo dowload yang 100gb brp kali ganti voucher tuh bang?

      Delete
    2. 100 gb bisa 2 kali ganti voucher kalau pakai yg 20k (50gb/7hari)

      Mungkin ada paket lainnya 50k (150gb/30hari). Tapi blm saya coba

      Delete
    3. This comment has been removed by the author.

      Delete
    4. Saya pake 5k 1 Hari , Download udah 51 GB (GTA V) masih bisa jalan 4-5 MBps

      Delete
  4. Semoga telkom bisa mengkaji lagi permasalahan ini. Kebutuhan pekerjaan saya sekarang 100% bergantung pada internet, sedangkan gaji ngga cukup untuk pasang wifi sendiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama gan semoga saja bisa kembali ke semula di masa pandemi ini

      Delete
  5. saya masih pakai wifi.id harian 5rb, total download file 8,5GB sekelah itu langsung kenak F.U.P. kecepatan download paling 50kb. buat yg mau download file besar jagan pakai wifi.id , file belom selesai download speed dah lemot!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk perhitungan kuota kemungkinan termasuk jumlah paket data terkirim/diterima di network connection. Sisa kuota bisa dicek via bot telegram maharbot

      Delete
  6. Saya cek paket 5000 fupnya 10GB. Habis itu kecepatannya jadi 0.5mbps. Hadeh.

    ReplyDelete
  7. di tempat ane beli 7k, kena FUP hampir 10GB :( cepet cepet kandas ae lah kebijakan nya

    ReplyDelete
  8. wah..terima kasih infonya. saya kira antena wifi saya yg masalah..ternyata skr ada fup nya😊🙏

    ReplyDelete
  9. Semoga Bang Denny Siregar bisa Sukses Menang dalam Menggugat TELKOM...

    ReplyDelete
  10. Parah lah
    Smoga bangkrut secepetnya

    ReplyDelete
  11. wahh parah banget, aku juga dah nyadar lemot dari september pas download game. kiran dulu karna banyak orang, jadi banwithnya kebagi banyak gitu.
    dan saya coba download game 20Gb an, pas di 8G udah lagi(1hari/5k).
    Ehhh ternyata udah ada FUP, Sekarang wifi id bukan jadi tempat download yang nyaman. #RIPTELKOM

    ReplyDelete
  12. gk jelas telkom diturunkan 512 kbps apanya kena FUP download jadi 25 kbps itukah yang 512 kbps?? dih ngeselin

    ReplyDelete
  13. semoga ada internet yang lebih jelek lagi :D

    ReplyDelete
  14. terima kasih infonya.pengalaman saya 3 bulan pakai voucer bulanan belum kena fup.bulan ke 4 ini baru kena fup.bisa di cek di telegram @maharbot. nanti ketik saja wifi spasi usernamenya.nanti terlihat balance nya berkurang setelah dipakai.

    ReplyDelete
  15. akhirnya ada juga yang membahas ini. Saya ke wifi corner selalu jam 9-10 pagi, setelah download beberapa film, pasti jam 12an koneksi saya lemot. Saya kira karna siang hari, eh ternyata ada FUPnya. Terimakasih atas sharingnya bos, jadi saya ga penasaran lagi

    ReplyDelete
  16. Maaf ingin bertanya apakah FUP ada batasnya, maksud saya jika akun saya sudah kena FUP apakah batas tersebut akan direset kembali di bulan depan?

    ReplyDelete
  17. Ini fup nya masih berlaku sampe sekarang ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih. Hari ini ke wifi id jam 9. Beli yg 5k 1 hari lewat 10GB langsung lemot kecepatannya jdi 50kbps. Parah..

      Delete
  18. Dah lah, jadi bingung mau download file gede dimana lagi selain wifi.id corner. Eh segala pake FUP, hadéh. Telkomnyet makin menjadi dah, makin bobrok!

    ReplyDelete
  19. Akhirnya kejawab....
    ternyata seperti ini ya wifi.id ane jadi lelet....
    harusnya masa pandemi gini BUMN ngasih kebijakan ke rakyat yg kaya kita2 yg ga bisa pasang internet bulanan yg rausan ribu....
    eh malah di bikin ngenes juga....

    kalopun mau di FUP jangan turun ke 512 kbps...
    5 mbps atau 2 mbps lah
    jadi kita masih bisa pakai tanpa lemotnya yg ga ketulungan...

    ReplyDelete
  20. TERIMA KASIH BANYAK INFONYA. Gila sih ternyata bener dibatesin.

    ReplyDelete
  21. Bener guys saya ngerasain sndiri lagi download tiba² saat sudah beberapa GB jdi lemot, udh nyoba beberapa hari sama, awalnya kirain emng lagi error ternyata sekarang pakai FUP kecewa banget jdinya

    ReplyDelete
  22. Kirain ada kabel yg rusak ternyata fup,sungguh terlalu kau telkom keji sekali kau buat rakyat sengsara,ga niat ngasih wifi murah ya udh mending skalian tutup aja perusahannya

    ReplyDelete
  23. Minggu ini baru saja sudah tidak diberlakukan FUP di WIFI.ID ... udah saya tes download 26GB anime masih kencang tembus 8MB di 5Ghz Mode ... bagi yang merasa lambat .. coba diganti ke forced mode dari 2.4Ghz ke 5Ghz jika hardware wifi mu ada support 5Ghz

    ReplyDelete
  24. Perhari ini saya coba Upload 350GB ke OneDrive via WiFi.id masih aman, meski beberapa kali sempet disconnect sendiri dan agak sulit untuk login lagi. INFO : Paket 3x24 Jam (10K), Upload Speed antara 4,5-13 Mbps

    ReplyDelete
  25. Tolong info gan. Wifi id sekarang masih pakai FUP apa ngga? Mau download file besar. Kalaupun FUP masih berlaku, per paket sekarang kira-kira berapa?

    ReplyDelete
  26. 2 - April - 2021 ....

    FUP di pasang kembali sepertinya sama pihak Telkom ... yang 5 Ribuan Wifi.ID hanya bisa 10GB

    ReplyDelete
  27. Sy beli voucher 1w 20ribu katanya fup nya 50gb, baru 20gb terpakai kecepatannya sudah turun 512kb

    ReplyDelete
  28. hey..... gue balik lagi dengan kabar terupdate tentang wifi.id

    sepertinya / tidak sepertinya ... wifi.id yg voucher 5 ribu udah gk ber-limit lagi.. download tembus lebih dari 24GB masih kencang di 6 - 8 MBps

    ini voucher dibeli versi lewat tokopedia yang 1 harian

    metode yang ku pakai saat mendownload adalah :
    1. Connect HP sambung ke sinyal WiFi nya @wifi.id
    2. Sambung HP ke Laptop / Komputer dengan USB
    3. Ke pengaturan HotSpot Smartphone dan enable Tethering USB ( ini bakal membuat USB menjadi seperti kabel LAN )

    hasil analisa dengan menggunakan hanya Wlan Card yang ada di laptop... speed hanya mentok 2.7 - 3.5 MBps walaupun sudah di coba baik 2.4Ghz dan 5 Ghz

    dan hanya disaat melewati HP yang menjadi alat penangkap sinyal ya... baru kecepatan ya kenceng ... mungkin server atau Router ya ada settingan dimana bisa mengetahui / membedakan pengguna Android dengan PC/Laptop/Windows secara otomatis membuat yang menggunakan @wifi.id di HP/Android mendapatkan prioritas VIP / Unlimited speed

    ReplyDelete
  29. Update : tembus 37 GB dan masih kenceng di 6 - 8 MBps...

    bagi yang mengikuti metode lewat sambung HP... matikan koneksi jaringan kartu supaya gak sengaja tepake Kuota tiba2 pas kalau Wifinya disconnect

    sambung Wifi dan Login wifi.id di HP terlebih dahulu baru sambung USB ... jangan USB duluan / login lewat laptop....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Barusan gue coba kagak bisa. Minta login lagi dari laptop. Padahal sudah login dari hp.

      Delete

Post a Comment